Pengamen anak-anak, perlu dikasihani atau .. ?

Pernah liat pengamen di jalan2, terutama di traffict light??? aku yakin seyakin yakinnya pasti pernah. Ya, hal seperti ini wajar-wajar saja di negara manapun. Negara maju seperti amerika serikat dan arab kurasa pun ada. Tapi ketidakbiasaan terasa ketika pengemis itu seorang anak-anak yang masih balita (waduh2..!). Apalagi saat-saat jam sekolah mereka masih standby di traffic light. (sbenernya apa sh yang orangtua mereka pikirkan??)
Nah, tadi malem (pengalaman pribadi ni, hehe..) pas mau pulang dari kampus ada seorang anak yang minta2, mukanya meles bgt gitu. Sbenernya hati kecil ku ngomong (kasih aja kasih aja), tapi akhirnya aku ngga ngasih soalnya aku slalu mikir masih kecil kok udah dididik minta2, kalo aku nggasih mereka, berarti aku sama aja ikut ndidik mereka punya sikap kyak gitu ampe mreka dwasa ntar.. siapa tau mereka sebenarnya calon orang-orang hebat dimasa depan, tapi karena mereka terbiasa dengan itu akhirnya mreka ngga mau ngasah kemampuannya karena merasa cukup dengan minta2 aja.

Ya, akhirnya aku ngga jadi ngasih, tp ada sedikit rasa penyesalan (woe!! punya hati ngga sih loe, dia kn masih anak2, siapa tau dia emang bener2 butuh makan, dasar pelit!). Sering banget aku kayak gitu, yang ujung2 nya nyesel gara2 ngga jadi ngasih mreka.

Alasan utamaku buat ngga ngasih mereka sbenernya logis, yg pertama, aku ngga mau ndidik mereka punya mental minta2, trus bisa aja uang yang aku kasih itu emang buat orang yang lebih dewasa yang mengkoordinasi mereka (preman). kalo aku kasih brarti aku ikut sumbangsih membuat mereka kecanduan, baik premannya, anak itu sendiri, ataupun orang tua mereka. :-s
oke, mungkin keluarga mereka memang kurang mampu, tapi tidak selalu harus minta2 kan? jujur saja, klo menurut aku sendiri aku lebih menghargai pemulung daripada pengemis2 tadi..

dan semuanya balik ke pribadi masing2 mau nggasih mereka apa ngga, tapi menurut q lebih baik uang receh2 itu ditabung dulu trus dikasih ke panti asuhan yang memang jelas sumbangan itu dipake mereka buat hal2 yang positif.
Untuk selanjutnya terserah anda!? hehe


The value of a man resides in what he gives and not in what he is capable of receiving.
(Albert Einstein)

2 komentar:

  1. ada ji...kita juga harus ubah cara berpikir kita, benar pemikiranmu (mnurut q :p). tp dgn bgitu bukan brarti kita g bisa mmberikan apa2 buat mreka.beberapa alternatif adalah :
    1. berikan sesuatu yg lain selain uang. misal jajan atau mainan :p. masak ya preman ato ortu nya ngambil juga.
    2. yg paling ampuh dan sering dimbil dan mudah. DOAKAN MEREKA. barangkali dengan doa kita yg baik bisa mengubah nasib mereka. dan itu akan lbih brmanfaat ktimbang pemberian denagn ketidakikhlasan dan keragu2an. :)

    BalasHapus

 

Copyright © 2012 Rheiji's Personal Blog Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger