Marhaban Yaa Ramadhan

-
Sudah tiba bulan puasa, bulan yang penuh dengan kebaikan-kebaikan. bulan suci dimana kita akan melakukan penahanan nafsu secara besar-besaran. Well, tp apakah kita tau makna dan manfaat dari puasa itu sendiri? Mari kita lihat hasil brosinganku di google ^^

Puasa artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183. (wikipedia)

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. " (Al-Baqarah: 183)

Selalin secara sepiritual kita puasa untuk menjalankan perintah agama, menahan hawa nafsu, dan mendekatkan diri pada sang pencipta, secara medis puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Dan dengan berpuasa, organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam. Jadi selama 14 jam ini di usus terjadi proses detoksifikasi dalam usus, dimana sisa2 metabolisme yang berupa toxin, kotoran, dan lemak akan dibersihkan dan dibuang selama kita berpuasa. Hal ini akan berpengaruh sangat baik untuk kesehatan kita.

Selain itu, puasa sering membuat kita merasa lemas di siang hari. untuk itu kita perlu benar-benar memperhatikan makanan yang kita konsumsi saat sahur. Berikut adalah tips makanan sahur yang baik :

1. Sebaiknya mengkonsumsi karbohidrat kompleks, seperti padi-padian (beras, jagung, gandum), umbi-umbian, sagu, dan sebaginya.
2. Mengkonsumsi buah dan sayur
3. Mengurangi konsumsi gorengan.
4. Mengurangi makanan yang manis-manis.
5. Cukup minum air putih.

Jadi sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang baik saat sahur sehingga tidak akan menurunkan performasi kerja kita seperti pada hari-hari biasa saat kita tidak berpuasa.
"jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan. Sebaliknya justru kita harus bisa melakukan hal yang lebih baik saat puasa"

Sebagai penutup, Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga kita akan semakin berlomba-lomba berbuat kebaikan di bulan suci dan penuh berkah ini.

-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2012 Rheiji's Personal Blog Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger